Sunday, September 29, 2013

Baju Batik Solo

batik couple
Solo adalah salah satu kota yang menjadi pusatnya baju batik, selain terkenal dengan warganya yang ramah, Solo juga menawarkan salah satu jenis wisata budaya yang sangat menarik untuk dikunjungi yaitu baju batik Solo yang sudah melekat erat dan menjadi salah satu ikon khas kota Surakarta. Dan sejalan dengan berkembangnya jaman, wisata ini juga meliputi aneka model baju batik modern yang juga banyak dihasilkan oleh para produsen batik masa kini.

Salah satu sentra baju batik modern yang menjadi tempat wisata ini adalah kampung batik Kauman. Berlokasi di sekitaran pasar Klewer, alun alun dan Masjid agung Surakarta, ketika mengunjungi kampung batik Kauman ini, anda tidak sekedar hanya berbelanja ataupun melihat lihat model baju batik modern saja, tetapi anda juga bisa menyaksikan proses pembatikan itu sendiri yang dilakukan oleh tangan tangan kreatif dan terampil seniman batik Solo. Bahkan andapun bisa pula belajar membuat baju batik sendiri tentunya dengan dibantu oleh para perajin batik yang sudah sangat terlatih untuk menularkan ilmu dan ketrampilannya.
batik couple

Di Kauman kampung batik Solo, sekarang ini terdapat kurang lebih tigapuluhan industri batik rumahan yang senantiasa padan dan ramai kunjungan para wisatawan baik itu wisatawan yang berasal dari manca negara dan tentu saja wisatwan domestik. Yang membuat kampung batik Solo kauman ini semakin istimewa adalah lokasinya yang dekat sekali dengan pasar klewer, sebuah pasar besar batik textil skala besar dengan harga jual baju yang sangat murah. Saran kami, jika anda mempunyai niat untuk berbelanja baju batik di pasar klewer, sebaiknya datang pagi pagi sekali, karena setelah agak siang, pasar sudah dipenuhsesakkan oleh pengunjung yang juga ingin membeli baju batik modern Solo yang biasanya ditawarkan degnan harga yang sangat murah.

Satu lagi tempat pengasil baju batik Solo adalah kampung batik Laweyan. Tidak kalah terkenal dengan Kauman, kampung Laweyan ini juga sudah menjadi tempat tujuan wisata baju batik Solo sejak puluhan tahun yang lalu bahkan sudah bergaung hingga sampai ke manca negara. Di Laweyan ini, sama dengan Kauman, anda juga akan banyak menjumpai para turis asing yang berniat untuk berbelanja baju batik, atau sekedar menyaksikan dan mempelajari proses pembuatan batik Solo secara lengkap mulai dari proses penggambaran pola hias di atas kain hingga proses terakhir yaitu pengeringan.

Jenis dan model baju batik Solo di Laweyan ini juga sangat beragam, mulai aneka pilihan bahan kain batik dari katun hingga sutera. Motif batiknya juga beragam mulai dari motif motif klasik hingga motif dan model baju batik modern, tapi satu yang pasti, baju batik yang dijual di Laweyan ini pasti tidak pasaran, karena kreatifitas perajin baju batik Solo di tempat ini yang dinamis dan cenderung untuk mengikuti trend serta mode yang sedang menjadi trend terkini.

Demikianlah sekelumit ulasan terkait dua pusat baju batik Solo yang bisa anda jadikan tujuan wisata sekaligus belanja ketika saat liburan. Selain kita yang bangga akan budaya batik Solo ini, siapa lagi.

No comments:

Post a Comment